Langsung ke konten utama

Stephen King Kepada Rusty Borgens


Dalam sebuah film berjudul Stuck in Love (2012), ada sebuah fragmen di mana seorang Stephen King yang sedang terlibat pembicaraan lewat telepon dengan karakter bernama Rusty Borgens, seorang remaja pendiam yang sedang menggemari dan serius mendalami kegiatan tulis menulis. Setali tiga uang dengan Samantha Borgens, kakaknya yang juga sama-sama mengikuti jejak ayah mereka, William Borgens yang kebetulan diceritakan sebagai sosok penulis terkenal.

Namun dalam hal menulis, walaupun banyak belajar dari ayah dan juga kakaknya, Rusty tidak tertarik untuk serta merta memanfaatkan kemudahan-kemudahan yang bisa saja ia dapatkan untuk memuluskan jalannya.

Sedikit informasi, Stephen Edwin King atau Stephen King seorang penulis novel termahsyur asal Amerika Serikat yang umumnya lebih sering dikenal menulis kisah horor, fiksi ilmiah, dan fantasi.

Sejumlah karya-karyanya diperkirakan telah terjual lebih dari 350 juta eksemplar di seluruh dunia, dan sebagian di antaranya telah diadaptasi menjadi film layar lebar, film televisi, dan buku komik. 

Dalam pembicaraan mereka, Stephen King yang memang lebih dulu menelpon Rusty, awalnya menyampaikan kesan-kesannya terhadap tulisan Rusty yang ia dapat dari kakak Rusty, Samantha. Ya nampaknya Samantha memang sengaja mengirimkan tulisan Rusty kepada Stephen. Alasannya adalah agar Stephen bisa menilai sejauh mana tulisan Rusty karena selama ini Rusty hanya menyimpan tulisannya saja dan tidak begitu percaya diri untuk ditunjukkan ke orang lain. 

Stephen mengatakan mungkin masa depan Rusty akan cerah, karena ia merasa tulisan Rusty menarik & dia sangat menyukainya. Untuk itu ia memutuskan mengirim tulisan Rusty ke majalah fantasi & fiksi ilmiah yang biasa menerbitkan tulisnya, karena ia merasa penerbit itu cocok untuk Rusty. Stephen juga menyampaikan salam untuk William ayah Rusty. Ia mengatakan bahwa ia adalah penggemar berat Suit Monkeys, buku yang ditulis William.

Rusty sangat terkejut sekaligus terkesan saat itu. Selain karena Stephen adalah salah satu penulis panutan Rusty, ditelepon langsung oleh seorang Stephen King dan serius mendiskusikan karyanya adalah hal yang tidak pernah ia bayangkan sama sekali. Hal itu terjadi begitu saja, tanpa ia rencanakan dan pikirkan sama sekali, jadi sudah pasti ia tampak kehabisan kata-kata untuk beberapa saat karena suasana membahagiakan itu 

Rusty menyampaikan bagaimana kekagamumannya pada Stephen King,  dan semua buku-buku karangannya. Terlebih lagi pada sebuah buku yang menurut Rusty begitu berkesan. Misalnya saja pada apa yang dikatakan Stephen King di bagian pembuka buku The Body. 

Tentang gagasannya mengenai "Hal yg paling penting adalah hal yg paling sulit diucapkan."

Ide itu begitu melekat dalam pikiran Rusty, dan menginspirasinya untuk terus menulis.

Bahkan sampai saat mereka hendak mengakhiri pembicaraan di telepon itu, Rusty masih saja seperti salah tingkah. Ia benar-benar merasakan kekagumannya yang nyata, bahagia sekali pastinya.

@30haribercerita #30haribercerita #30harimenulis #30HBC1807

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mungkin Nanti

Dalam benakku, aku masih sangat memimpikan waktu di mana aku bisa pergi merantau lebih jauh lagi dari yang belum ada apa-apanya ini. Aku mendambakan berjuang menghidupi segala cita-cita dan impianku yang sudah aku rajut sejak lama dari masa ke masa. Namun sama seperti orang lain yang selalu saja memiliki masalah ketika ingin melangkah lebih jauh. Masalah itu adalah keresahanku yang muncul jika aku menciptakan jarak. Jarak itulah yang perlahan menggerogoti diriku dan berubah menjadi rasa takut. Dan lalu, hal yang paling aku takutkan ketika pergi jauh, tak lain adalah jika aku jatuh sakit. Aku akan sangat merindukan ibuku. Pasalnya, dulu aku sering sekali sakit, dan ketika seperti itu, sosok orang yang paling aku butuhkan mengurusi aku yang sedang terbaring sakit adalah ibuku. Selain itu juga sebaliknya, aku takut jika aku pergi jauh, aku akan rindu sekali padanya, terlebih lagi jika dia yang jatuh sakit. Seribukali memikirkan ini semua, seribukali juga keresahan serta keta

Selamat Datang di Mahligai Mimpi

Aku sedang merencanakan cara menggapai nyala tekad bak api abadi itu. Memilin satu per satu gundah gulana pengganggu sebagai bahan bakarnya. Mengubahnya jadi seribu satu alasan kenapa harus berdikari? Kita tidak sedang membicarakan hal-hal abstrak, apalagi sesuatu yang nihil.  Kalau kau bingung, dan masih dihantui resah gelisahmu, kau bebas berhenti.   Bukankah kau tidak terikat pada apapun sebenarnya saat ini. Bahkan pada norma yang selalu berusaha kau patuhi. Pun walau nyatanya kau hendak berpaling arah jalan untuk kesekian kalinya setiap menemui persimpangan, tentu saja tak ada yang salah dari itu. Bagaimanapun siasat, keputusan sepakatmu adalah sah dan benar dalam persepsimu. Aku percaya tak ada yang terlanjur basah. Setiap hal yang terjadi adalah tuntunan garis takdir. Semuanya memiliki riwayat yang beralasan. Meski mungkin dalam ketidaktahuan yang meraja. Camkan itu sebaik-baiknya, seingat-ingatnya. Kau cukup meyakini dengan penuh arti dan sa

Jodoh Pasti Bertemu

Selain masalah karir dan pencarian jati diri, perkara pasangan hidup, jodoh, ataupun menikah, adalah isu yang juga tak ketinggalan jadi sorotan utama bagi banyak orang dalam menjalani fase quarter life crisis pada rentang usia 25-30. Entah kenapa pada saat-saat itu, gejolak keresahan dan gundah gulana kehidupan begitu menggebu-gebu. Seolah segala gengsi dipertaruhkan jika hal-hal yang dianggap penting itu belum segera tercapai. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa perkara pasangan hidup, jodoh, dan ataupun menikah sering sekali jadi sorotan utama selain perihal karir. Ini mungkin terjadi karena pada usia-usia seperti itu, memang usia dominan orang-orang menikah. Dari kondisi inilah yang membuat orang resah mengenai bagaimana nasib dirinya kedepan, dan bertanya-tanya akan banyak hal yang berpotensi membuat keresahan-keresahan lainnya bermunculan, mulai dari pertanyaan semacam "Kapan nikah?", "Kapan punya anak?", "Kapan bisa punya rumah?", "Kapan p